Apa Itu Sistem Deteksi Asap dan Karbon Monoksida, Begini Cara Kerjanya!

Home / Fire Alarm / Apa Itu Sistem Deteksi Asap dan Karbon Monoksida, Begini Cara Kerjanya!

Apa Itu Sistem Deteksi Asap dan Karbon Monoksida, Begini Cara Kerjanya!

Keberadaan dari sistem deteksi asap dan karbon monoksida sudah hampir diterapkan di bangunan atau gedung di Indonesia. Sebab keberadaan dari alat tersebut menjadi alat yang bekerja utama di dalam sistem pemadam kebakaran otomatis. Tanpa adanya alat tersebut, maka sistem lainnya seperti alarm tidak akan bisa bekerja. 

Tidak hanya diterapkan pada gedung komersial saja, tetapi detektor asap juga banyak diterapkan di rumah. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena tingkat kebakaran rumah di Indonesia semakin meningkat dan pastinya Anda ingin melindungi keluarga dan semua aset agar terhindar dari api.

Mengenal Sistem Deteksi Asap dan Karbon Monoksida

Asap atau karbon monoksida yang muncul secara mendadak dan tidak terdeteksi sejak awal ternyata bisa menyebabkan kebakaran parah. Di sinilah pentingnya Anda mempunyai sebuah alat deteksi asap dan karbon monoksida baik di bangunan komersial ataupun rumah pribadi. 

Alat ini juga biasa dikenal dengan sebutan smoke detektor yakni berfungsi sebagai pendeteksi keberadaan asap di lingkungan tertentu. Dengan keberadaannya ternyata dapat membantu memberikan peringatan apabila terjadi potensi kebakaran pada rumah atau sebuah gedung. 

Apabila Anda tidak mempunyai alat ini di rumah maka kemungkinan besar dapat mengakibatkan kebakaran di rumah atau gedung yang mengakibatkan kerugian tidak sedikit. Di Indonesia, keberadaan dari alat tersebut juga mudah ditemukan, mengingat harganya juga tergolong cukup terjangkau. 

Anda dapat menaruh alat detektor tersebut di kamar tidur, ruangan yang terdapat banyak benda elektronik, ruang komputer dan lainnya. Meskipun demikian, Anda harus ingat bahwa fungsi dari alat tersebut hanya terbatas untuk mendeteksi asap saja dan tidak termasuk alat untuk perlindungan kebakaran di sebuah gedung. 

Bagaimana Cara Kerja dari Alat Pendeteksi Asap

Setelah mengetahui bagaimana sistem deteksi asap bekerja, maka berikutnya adalah bagaimana cara kerja dari alat tersebut. Perlu diingat bahwa alat ini cukup efektif di dalam mencium keberadaan asap ataupun karbon monoksida secara efektif. 

Asap sendiri adalah kumpulan partikel karbon yang berasal dari sisa pembakaran tidak sempurna sehingga keberadaannya berbeda dengan udara biasa. Apabila terkena udara biasa, maka alat tersebut tidak akan bekerja karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan adanya sensor sensitif terhadap asap. 

Jenis Pendeteksi Asap

Oleh sebab itulah penggunaannya sangat efektif karena tidak akan berbunyi secara sembarangan dan hanya berbunyi ketika mendeteksi asap. Di dalamnya sendiri terdapat 2 jenis pendeteksi asap yang mampu bekerja dengan cara berbeda, berikut penjelasannya:

Pendeteksi Asap Ionisasi 

Jenis alat deteksi ini memanfaatkan sejumlah bahan radioaktif. Dimana nantinya akan bekerja dengan cara mengionisasi asap yang terdapat di ruangan dengan menggunakan bantuan komponen detektor dimana sangat kompleks. 

Pendeteksi Asap Photoelectric

Berikutnya adalah pendeteksi asap photoelectric yakni merupakan sebuah alat yang akan terjadi penurunan daya hantar listrik kalau terdapat partikel asap yang sudah masuk ke dalam ruang detektor. Berikutnya penurunan daya tersebut akan diartikan adanya sinyal asap kebakaran. Kemudian detektor akan langsung memberikan sinyal pada alarm agar segera berbunyi. 

Manfaat Detektor Asap yang Perlu Diketahui

Tidak bisa dipungkiri apabila penggunaan dari alat deteksi asap dan karbon monoksida sangat penting di rumah ataupun gedung. Berikut ini sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan alat deteksi tersebut. 

1. Mendeteksi Adanya Potensi Kebakaran

Manfaatkan pertama dari alat ini adalah mampu melakukan deteksi adanya potensi kebakaran yang mungkin dapat terjadi. Hal itu karena alat tersebut cukup sensitif terhadap asap yang dihasilkan dari api atau bahkan sebelum api berubah menjadi cukup besar. 

2. Perlindungan Terhadap Gas Beracun

Tidak hanya dapat mendeteksi kebakaran saja, tetapi alat ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap gas beracun seperti karbon monoksida. Perlu diketahui bahwa karbon monoksida sendiri adalah gas beracun yang tidak punya warna atau bau tetapi sangat berbahaya dan jadi ancaman. 

3. Bisa Menjadi Perlindungan 24 Jam

Keberadaan dari detektor asap ini ternyata dapat menjadi perlindungan selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Tentu saja ini akan memberikan perlindungan sepanjang waktu bahkan ketika Anda sedang tidur atau di luar rumah. Selain memberikan keamanan rumah berupa CCTV, Anda juga harus mempunyai alat berupa detektor asap dan karbon monoksida. Dengan menggunakan sistem deteksi asap dan karbon monoksida akan terhindar dari kebakaran dan memberikan perlindungan pada keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.