Cara Membuka Rekaman CCTV Lewat DVR Hikvision dan Avtech

Home / CCTV / Cara Membuka Rekaman CCTV Lewat DVR Hikvision dan Avtech

Rekaman CCTV dapat menjadi barang bukti penting untuk berbagai hal. Dari memantau kegiatan hingga melacak keberadaan pelaku tindak kriminal. Oleh karena itu, Anda yang mengoperasikannya harus mengetahui cara membuka rekaman CCTV yang tepat.

Mengakses rekaman CCTV dapat dilakukan pada PC maupun smartphone. Namun, Anda harus memiliki Digital Video Recorder atau DVR dulu untuk menjalankannya. Berikut ini akan dijelaskan cara memutar rekaman CCTV menggunakan DVR Hikvision dan Avtech.

Mengakses rekaman CCTV pada DVR

Bagi Anda yang memakai DVR Hikvision, di bawah ini adalah langkah-langkah mengakses rekaman CCTV yang dapat diikuti:

  1. Buka bagian awal DVR dan klik kanan untuk memilih Menu;
  2. Kemudian, klik Playback untuk memilih rekaman yang ingin dibuka. Anda klik dulu Button Channel Camera yang akan memutar hasil rekaman;
  3. Pada bagian bawah Channel, pilih yanggal atau hari untuk memutar rekaman. Pada DVR Hikvision, biasanya Anda akan menemukan bagian tanggal terblok biru. Itu artinya, video direkam pada hari perekaman terjadi;
  4. Anda juga dapat menentukan jam pemutaran dengan menggeser atau memilih nomor yang terdapat di tombol Play.

Sebagai catatan, rekaman dengan tanggal yang tidak terblok warna biru tak bisa diputar. Hal ini disebabkan tanggal sebelumnya sudah terhapus. Dengan kata lain, dalam mengaplikasikan cara mengecek rekaman CCTV, pilihlah video yang tanggalnya terblok warna biru.

Anda pun dapat menggunakan fitur untuk mempercepat atau melambatkan rekaman pada menu Playback. Jadi, Anda bisa mengamati hasil rekaman secermat mungkin. 

Kemudian bagi Anda yang menggunakan DVR Avtech, berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan untuk mengakses hasil rekaman:

  1. Buka menu pada DVR melalui perangkat atau menggunakan remote;
  2. Selanjutnya masukkan password pada DVR. Tunggu sebentar untuk membuka Even Information;
  3. Pilih Quick Search untuk mengatur penyetelan berdasarkan kebutuhan. Antara lain hari, tanggal, jam, serta channel pada kamera;
  4. Setelah itu, klik Submit untuk mengakses rekaman yang Anda butuhkan.

Tips backup rekaman CCTV pada DVR

Rata-rata CCTV mampu menyimpan hasl rekaman CCTV selama satu sampai dua tahun. Akan tetapi, Anda bisa backup hasilnya setelah mengetahui cara membuka rekaman CCTV untuk jaga-jaga. Asalkan, DVR yang dipakai sudah memenuhi hal-hal berikut:

  • Sudah mempunyai fitur mirroring. Fitur mirroring pada DVR mempunyai fungsi utama menyalin rekaman secara otomatis oleh CCTV. DVR umumnya menyimpan hasil rekaman ke dua hard disk sekaligus. Salah satunya berperan menyimpan backup apabila hard disk yang satunya mengalami masalah atau kerusakan;
  • Menyertakan hard disk eksternal. Anda yang ingin melakukan backup video dalam jumlah yang banyak disarankan menyiapkan hard disk eksternal. Hanya saja untuk mengoperasikan backup dengan perangkat ini tetap harus menggunakan DVR yang sudah dilengkapi fitur mirroring. Jadi, cek dulu sembari mempelajari tutorial mengecek rekaman CCTV;
  • Hindari backup menggunakan USB. Berbeda dari hard disk eksternal, transfer data lewat port USB cenderung lambat, sehingga dianggap kurang efisien. Kalau Anda membutuhkan hasil rekaman dalam waktu cepat, sebaiknya pakai hard disk eksternal untuk backup. Dengan begitu, Anda tak perlu menunggu terlalu lama.

Pahami cara kerja CCTV dan DVR

Kali pertama mengecek CCTV melalui DVR? Belum terlambat bagi Anda untuk memahami cara kerja kedua perangkat tersebut. Untuk hal ini, Anda dapat mengikuti panduan dari buku manual yang tersedia dalam paket CCTV. Selain itu, ada sejumlah tutorial terkait pemantauan hasil rekaman CCTV yang bisa diakses secara online.

Setelah memahami cara kerja CCTV dan DVR, akan lebih mudah bagi Anda menemukan jenis perangkat dan toko tepercaya yang menjualnya. Sebagai rekomendasi, ada Gelora Perkasa yang berpengalaman membantu masyarakat menemukan CCTV sesuai kebutuhan. Termasuk CCTV dengan DVR yang mereknya Anda cari.Bukan hanya itu, Gelora Perkasa menawarkan promo menarik yang meringkankan bujet Anda, khususnya saat membutuhkan CCTV yang bagus. Dengan begitu, Anda bisa langsung menerapkan cara membuka rekaman CCTV. Baik pada perangkat yang terpasang di rumah hingga fasilitas publik seperti restoran, mal, hingga gedung perkantoran.

Kesimpulan

Setelah memahami cara kerja CCTV dan DVR, akan lebih mudah bagi Anda menemukan jenis perangkat dan toko tepercaya yang menjualnya. Sebagai rekomendasi, ada Gelora Perkasa yang berpengalaman membantu masyarakat menemukan CCTV sesuai kebutuhan. Termasuk CCTV dengan DVR yang mereknya Anda cari.

Bukan hanya itu, Gelora Perkasa menawarkan promo menarik yang meringkankan bujet Anda, khususnya saat membutuhkan CCTV yang bagus. Dengan begitu, Anda bisa langsung menerapkan cara membuka rekaman CCTV. Baik pada perangkat yang terpasang di rumah hingga fasilitas publik seperti restoran, mal, hingga gedung perkantoran.

Jika Anda ingin membeli CCTV untuk kebutuhan kantor ataupun rumah Anda, silakan hubungi langsung nomor WhatsApp Gelora Perkasa untuk mendapatkan harga promo menarik.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.