Smart Home System: Kelebihan dan Kekurangannya

Home / CCTV / Smart Home System: Kelebihan dan Kekurangannya

Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini banyak hal-hal yang biasanya dilakukan oleh manusia bisa dilakukan oleh teknologi, seperti halnya pengaturan rumah berupa keamanan, pencahayaan dan akses-akses lainnya yang bisa dikontrol dengan menggunakan smart home system atau teknologi rumah pintar.

Tentunya dengan adanya teknologi rumah tersebut Anda bisa dengan nyaman saat meninggalkan rumah, karena teknologi tersebut dapat dikontrol dari mana saja bahkan dari jarak jauh sekalipun. Hanya dengan menggunakan koneksi internet yang terhubung dengan perangkat seluler atau jaringan yang Anda gunakan, maka Anda dapat mengatur dengan nyaman.

Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan tentunya teknologi tersebut pastinya memiliki risiko tersendiri, sehingga sistemnya harus selalu diperbarui dan juga dipantau dengan baik agar tetap aman saat digunakan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja dari teknologi rumah tersebut bisa disebut mudah dan juga sederhana, karena hanya dengan menggunakan satu transmitter yang dijadikan kendali utama yang dapat mengendalikan segala jenis elektronik yang ada di rumah Anda. 

Barang elektronik yang berada di rumah seperti lampu, kulkas, CCTV dan elektronik canggih lainnya dapat dikendalikan dengan mudah dari jarak jauh, dengan cara memasang chip khusus yang berfungsi sebagai sensor yang akan dihubungkan dengan perangkat baik itu ponsel ataupun laptop yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengawasan. Berikut beberapa teknologi yang bisa digunakan untuk mewujudkan smart home system :

August Smart Pro

Saat Anda meninggalkan rumah dan lupa mengunci pintu atau bahkan kunci rumah hilang, maka Anda bisa menggunakan teknologi August Smart Pro ini untuk menjaga keamanan rumah Anda. Di mana teknologi tersebut dapat dihubungkan dengan perangkat ponsel pintar Anda sehingga keamanan rumah Anda bisa terjaga dengan baik.

IR Remote Control

Teknologi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah hidup Anda adalah IR Remote Control, dengan menggunakan teknologi tersebut Anda hanya mempunyai satu remote untuk semua perangkat elektronik yang Anda gunakan di rumah.

Sebagai salah satu contohnya adalah saat Anda ingin mandi menggunakan air panas namun Anda masih berada di perjalanan dan tidak ingin menunggu lama, maka Anda cukup menggunakan teknologi tersebut untuk menghidupkan air panas dan setelah sampai di rumah Anda bisa langsung mandi.

Dirror Smart Mirror

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa teknologi tersebut mempunyai bentuk kaca cermin dan pastinya dapat digunakan misalnya saja untuk memutar lagu, menghidupkan lampu, membuat catatan kecil bahkan untuk mencari informasi dari internet.

Smart Refrigerator

Teknologi smart refrigerator ini sudah diterapkan pada produk kulkas seperti Samsung, pada bagian depan kulkas tersebut sudah dilengkapi dengan fitur komputer yang bisa digunakan untuk mencatat belanjaan dan juga menonton film sehingga Anda tetap bisa menonton saat di dapur.

Kelebihan Teknologi Rumah Pintar

1. Meningkatkan Keamanan Rumah

Tingkat keamanan rumah yang tinggi akan membuat penghuninya merasa aman terutama saat meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, tentunya agar terhindar dari hal-hal yang berbahaya seperti dimasuki oleh orang-orang yang tidak dikenal.

Dengan menggunakan teknologi rumah pintar maka Anda dapat mengunci pintu, mengontrol CCTV setiap ruangan, bahkan mendeteksi suhu rumah hanya dengan menggunakan password, sidik jari, kartu, bahkan iris scanner.

2. Aktivitas Harian Menjadi Mudah

Dengan adanya teknologi rumah pintar Anda bisa dengan mudah melakukan aktivitas sehari-hari, hanya dengan menggunakan remote ataupun smartphone Anda bisa menghidupkan atau mematikan AC, mengaktifkan televisi, dan barang-barang teknologi lainnya secara otomatis.

Kekurangan Teknologi Rumah Pintar

1. Memudahkan Hacker Mencuri Data

Walaupun teknologi tersebut dapat memudahkan aktivitas sehari-hari namun tetap saja ada hal-hal yang dapat merugikan, seperti terjadinya pencurian data oleh para hacker dan data tersebut digunakan untuk hal-hal yang membahayakan sehingga Anda harus melakukan pemasangan keamanan ekstra untuk data agar hal-hal tersebut tidak terjadi.

2. Terjadinya Kegagalan Teknis

Secanggih apa pun teknologi pasti akan mengalami kegagalan teknis, dalam hal ini yaitu kegagalan teknis yang terjadi pada smart home system sehingga pada akhirnya dapat mengganggu sistem kerja teknologi tersebut dan berimbas pada terganggunya aktivitas rumah.

Kesimpulan

Nah, jika Anda membutuhkan CCTV dan berbagai jenis komponen kamera pengawas lainnya, jangan ragu menghubungi supplier dan distributor Gelora Perkasa yang siap melayani berbagai kebutuhan pengawasan Anda.

Jika Anda ingin membeli CCTV untuk kebutuhan kantor ataupun rumah Anda, silakan hubungi langsung nomor WhatsApp Gelora Perkasa untuk mendapatkan harga promo menarik.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.