Pengertian Security System dan Manfaatnya Bagi Anda

Home / Security System / Pengertian Security System dan Manfaatnya Bagi Anda

Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang electronic security system, kali ini kita akan membahas pengertian dari security system, beserta kelebihan dan kekurangan dari security system tersebut.

Pengertian Security System

Security System adalah sebuah sistem atau mekanisme yang dibuat sedemikian rupa yang digunakan untuk mengamankan sesuatu yang berharga baik itu alat, barang, gedung, rumah maupun program di suatu tempat.

Manfaat Security System

1. Dapat memblokir situs yang tidak diinginkan

Salah satu manfaat dari security system adalah dapat memblokir situs-situs beserta IP yang tidak Anda inginkan. Sehingga IP dan situs-situs tersebut tidak akan mengganggu kegiatan browsing Anda di internet.

2. Memberi proteksi saat terhubung dengan jaringan di tempat umum

Saat ini banyak fasilitas umum yang menyediakan fasilitas jaringan internet atau biasa yang dikenal dengan istilah jaringan wifi. Tentu hal ini akan memudahkan para pengguna untuk menikmati fasilitas internet tersebut.

Namun, jaringan internet wifi tersebut bisa saja menyimpan potensi yang dapat membahayakan perangkat pengguna. Disinilah peran security system sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan perangkat dari bahaya peretasan melalui jaringan internet wifi tersebut.

3. Mencegah peretasan terhadap komputer pengguna melalui jaringan komputer

Peretasan atau yang juga dikenal dengan istilah pembajakan sebuah komputer yang dilakukan melalui jaringan komputer sedang marak dilakukan oleh para hacker. Hal ini bisa terjadi di sebuah komputer yang memiliki keamanan firewall yang lemah.

Nah, dengan mengaktifkan security system yang baik, maka bisa mencegah terjadinya pembajakan atau peretasan komputer tersebut.

4. Mendeteksi adanya malware

Malware adalah perangkat lunak yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer. Malware bisa saja berasal dari situs yang Anda kunjungi dan bisa juga dari software-software yang telah diinstall ke dalam komputer.

Dengan adanya security system yang diaktifkan melalui firewall, diharapkan malware tersebut bisa dideteksi sehingga perlakuan untuk melindungi perangkat komputer Anda bisa segera dilakukan.

5. Memperingatkan pengguna ketika akan mendownload sesuatu yang tidak aman

Manfaat lain dari security system juga dapat memperingatkan pengguna agar tidak mendownload sesuatu yang tidak aman. Terkadang konten atau software yang didownload bisa saja berisi materi yang berbahaya dan yang paling berbahaya bisa jadi itu adalah sebuah malware yang dapat membahayakan perangkat komputer Anda.

Dengan adanya security system berupa firewall pada perangkat komputer Anda, Anda akan lebih waspada saat ingin mendownload sesuatu di internet.

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari security system, Anda bisa lebih berhati-hati lagi. Security system adalah solusi yang bisa membantu Anda untuk menjaga keamanan perangkat yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin alat security system yang original dan bergaransi serta gratis instalasi, maka Gelora perkasa adalah pilihan yang tepat buat Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.