Tips Merawat CCTV dengan Baik dan Tahan Lama

Home / CCTV / Tips Merawat CCTV dengan Baik dan Tahan Lama

Jenis CCTV yang awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama tentunya tetap harus dirawat dengan baik. Biasanya banyak terjadi permasalahan dalam pemasangan CCTV atau bahkan penggunaan CCTV tersebut. Itulah sebabnya Anda harus tahu apa saja tips merawat CCTV supaya tak banyak kendala.

Hampir semua tipe CCTV saat ini disetting untuk mampu bekerja selama 24 jam penuh, tetapi bukan berarti tak perlu dirawat. Kinerja CCTV bisa saja menurun jika dibiarkan bekerja selama 24 jam penuh setiap harinya, tanpa dilakukan perawatan komponen di dalamnya.

Tips Merawat CCTV Agar Bisa Dipakai dalam Waktu Lama

Jika tak dirawat dengan baik, CCTV yang Anda gunakan tentunya akan mudah rusak dan Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk mereparasi CCTV tersebut. Untuk itu, lakukan perawatan CCTV dengan cara mudah seperti di bawah ini:

1. Membersihkan Komponennya Secara Berkala

Kebersihan komponen yang ada pada CCTV ini menjadi bagian yang paling penting. Anda harus memperhatikan kebersihan bagian kameranya, DVR, drive unit, monitor hingga housingnya. Bagian yang sering terkena debu pada CCTV biasanya adalah lensa kameranya.

Maka sebaiknya, bersihkan bagian lensa kameranya secara berkala. Apalagi jika Anda menggunakan CCTV outdoor yang ada di luar ruangan. Tentu bagian lensa tersebut lebih sering terkena debu.

Jika bagian lensa kameranya tidak dibersihkan maka hal itu bisa mengganggu kinerja dari CCTV tersebut. Terutama dalam menangkap objek gambar yang dihasilkan, dengan hasil yang tidak atau kurang maksimal.

2. Melakukan Perawatan Komponen Secara Berkala

Perawatan komponen pada CCTV bisa dilakukan dengan cara merawat bagian-bagiannya seperti kabel dan konektornya, kamera serta DVRnya. 

Pastikan Anda selalu memeriksa apakah bagian kabel dan konektornya masih menancap dengan baik pada DVRnya, dan pastikan juga bahwa bagian itu memang tidak putus. 

Periksa juga bagaimana posisi kamera supaya posisinya tidak akan berubah, dan posisinya tetap sesuai dengan yang Anda inginkan dalam mengawasi setiap tempat di area sekitarnya.

3. Memeriksa Bagian Pengaturan CCTV

Anda juga harus mengatur mode kamera pada CCTV yang Anda gunakan, mode pengaturan yang harus Anda atur kembali diantaranya yaitu:

  • Mode rekaman kameranya.
  • Masa waktu penyimpanan hasil dari kamera.
  • Kualitas dari hasil rekaman yang nantinya bisa memengaruhi kinerja dari kamera tersebut.

4. Backup Hasil Rekaman pada CCTV Tersebut

Langkah paling terakhir yang bisa Anda lakukan dalam tips merawat CCTV ini adalah memback up seluruh hasil rekaman dari CCTV. Lakukan juga penyortiran dari beberapa hasil rekaman yang penting dan bisa disimpan.

Apabila seluruh hasil rekamannya memang diperlukan, maka back up data bisa dilakukan setiap hari dalam jangka waktu yang tak terlalu lama. Biasanya hasil rekamana CCTV tersebut, yang berada di beberapa tempat publik seperti rumah sakit, kantor, perbankan dan sebagainya.

Semoga tips merawat CCTV kali ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda punya kebiasaan lain dalam hal merawat CCTV silahkan komen dikolom komentar ya.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.