Perbedaan Unmanaged Switch dan Managed Switch Yang Perlu Anda Ketahui

Home / CCTV / Perbedaan Unmanaged Switch dan Managed Switch Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum membahas apa saja perbedaan unmanaged switch dan managed switch, kita perlu mengetahui terlebih dulu pengertian dari switch. Apasih Switch itu? dan fungsinya apa?

Pengertian Switch

Pengertian Switch adalah sebuah komponen yang ada pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer sehingga perangkat-perangkat komputer ini dapat menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dimaksud. Switch mampu menangani data dan mengetahui alamat spesifik untuk mengirim pesan. Switch juga dapat memutuskan komputer mana yang akan menjadi tujuan pengiriman pesan dan mengirim pesan langsung ke komputer yang dituju secara tepat.

Selain switch ada juga bagian dari perangkat komputer yang fungsinya mirip dengan switch, yaitu Hub. Namun jika dibandingkan dengan hub yang hanya menerima sinyal dari setiap port dan langsung dikirimkan ke semua port yang ada, Switch biasanya bekerja lebih terarah, efisien dan langsung menyasar ke alamat yang dituju untuk pertukaran data. Switch juga mampu mendeteksi tujuan dan lalu lintas data untuk mencegah adanya tabrakan ketika data dikirim. Oleh karena fungsi yang dihasilkan switch inilah, maka dibutuhkan produk switch yang tepat agar berfungsi maksimal untuk kelancaran bisnis Anda.

Jenis-jenis Switch

Dari sekian banyak tipe switch yang ada, hanya 2 tipe switch yang paling populer, yaitu unmanaged switch dan managed switch.

Unmanaged Switch

Pengertian dari Unmanaged switch adalah tipe switch yang tidak bisa dimodifikasi atau diubah pengaturannya. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk pengaturan, dan harganya juga lebih terjangkau. Switch tipe ini cocok digunakan untuk bisnis kecil seperti, bisnis rumahan, warung kecil-kecilan atau kantor skala kecil, yang tidak memiliki staf admin IT. Meskipun Unmanaged switch ini tidak memiliki fitur keamanan, tapi hal ini tidak akan menjadi masalah jika hanya digunakan untuk jaringan kecil dengan jumlah komputer 5-10 unit. Namun jika bisnis Anda bergerak di bidang yang berurusan dengan informasi-informasi penting dan sensitif, sebaiknya gunakan tipe switch selanjutnya, yaitu

Managed Switch

Pengertian dari managed switch adalah tipe switchyang bisa memberikan keamanan jaringan lebih tinggi, serta kontrol dan pengaturan yang lebih lengkap. Switch ini cocok bagi Anda yang membutuhkan monitoring selama 24 jam, dan dapat dikontrol dan diakses dari jarak jauh. Dengan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya seperti pengaturan arus pengguna, pemisahan jaringan, menyambung network yang berbeda serta mengontrol arus sistem, sudah pasti switch ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan unmanaged switch. Tapi biaya tersebut bisa menjadi investasi yang sangat baik untuk bisnis Anda yang akan berkembang pesat nantinya bukan? Mungkin salah satu kekurang ketika Anda memutuskan untuk menggunakan switch ini adalah Anda harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang command-line berbasis teks untuk mengatur dan mengoperasikan switch ini.

Perbedaan Unmanaged Switch dan Managed Switch

Secara garis besar, terdapat 3 perbedaan diantara kedua switch ini, yaitu:

– Pengelolaan Lalu Lintas Data
Pada unmanaged switch, Anda tidak akan mendapati pengelolaan prioritas lalu lintas data. Semua jenis data diperlakukan sama, baik yang urgent maupun yang tidak. Sedangkan jika Anda menggunakan managed switch, Anda bisa mengatur jenis data mana yang akan Anda kirim terlebih dahulu.

Network Redundancy
Pengertian dari network redudancy di sini adalah penyediaan jalur cadangan selain jalur utama. Maksudnya adalah ketika jalur utama terputus, maka proses transfer data akan melewati jaringan back up. Nah network redudancy ini hanay terdapat pada managed switch, sedangkan pada unmanaged switch tidak terdapat.

– Fitur Monitoring
Pada managed switch, terdapat fitur monitoring yang berguna untuk melakukan konfigurasi IP address dan mengecek transfer data melalui IP address, protokol SNMP, atau lainnya. Sedangkan pada unmanaged switch tidak ada fitur tersebut, sehingga pengecekan hanya dilakukan untuk memastikan data yang dikirim telah sampai di tujuan dan sebaliknya.

Demikian artikel singkat tentang pengertian switch dan perbedaan dari tipe-tipe switch yang ada. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih detail tentang switch atau ingin konsultasi tentang PABX dan switch, Gelora perkasa memiliki tim spesialis yang sudah berpengalaman dan siap membantu Anda untuk berdiskusi perihal ini. Silakan hubungi kami.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.