Pengertian Interkom, Fungsi dan Kegunaannya yang Wajib Anda Ketahui

Home / Telepon / Pengertian Interkom, Fungsi dan Kegunaannya yang Wajib Anda Ketahui

Pengertian Interkom

Interkom adalah suatu peralatan komunikasi internal atau interkomunikasi yang ditujukan untuk pembicaraan, pemberitahuan atau komunikasi yang terbatas.

Biasanya interkom juga sering disebut sebagai interphone atau intertelepon, meskipun bukan termasuk di dalam “keluarga” telepon.

Interkom bisa dikombinasikan dengan perangkat komunikasi lainnya seperti pesawat telepon, telepon genggam atau perangkat komunikasi lainnya yang terhubung dengan listrik.

Penggunaan interkom sendiri saat ini sering ditemukan dalam perangkat komunikasi HT (Handy Talkie). Handy talkie sendiri sering digunakan oleh pekerja lapangan karena memiliki jaringan yang luas dan lebih banyak dibandingkan dengan walkie talkie.

Fungsi dan Kegunaan Interkom

Biasanya interkom digunakan di kantor-kantor yang membutuhkan banyak komunikasi jarak jauh (tapi masih dalam 1 wilayah gedung kantor) di antara karyawan kantor tersebut.

Memang penggunaan handphone dan internet saat ini sedang menjamur, namun tetap keduanya membutuhkan biaya (pulsa dan paket internet). Anda bisa bayangkan jika harus menggunakan handphone berkali-kali untuk berhubungan dengan teman sekantor.

Nah, dengan adanya interkom, Anda bisa menggunakan saluran interkom tersebut untuk berkomunikasi antar karyawan kantor. Tentu hal ini lebih mudah dan lebih murah.

Inilah fungsi dan kegunaan yang paling utama dari interkom. Sekarang Anda sudah dapat gambaran seperti apa interkom itu kan?

Cara Mengoperasikan Interkom

Pada dasarnya penggunaan interkom terbagi 2, yaitu penggunaan di kantor dan penggunaan umum dan keduanya dapat disetting sesuai kebutuhan masing-masing.

Penggunaan interkom di kantor biasanya pengoperasiannya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu mengangkat gagang interkom lalu mulai memilih saluran yang diinginkan atau bisa juga disetting otomatis. Setelah itu tekan tombol “C” atau “Calling” dan tunggu sampai keluar nada panggilan seperti telepon pada umumnya. 

Sedangkan untuk penggunaan umum atau di komplek yang luas, perangkat interkom harus dalam keadaan “ON” terlebih dulu, kemudian pilih saluran yang diinginkan dan jika sudah ketemu dan tersambung, pembicaraan bisa dilakukan.

Selain 2 penggunaan dasar pada interkom seperti di atas, ternyata interkom juga digunakan pada perangkat HT (Handy Talkie). Penggunaannya hampir mirip dengan yang lainnya, Anda tetap harus menemukan saluran yang tepat, sehingga bisa nyambung dengan lawan bicara Anda.

Meskipun interkom tergolong alat komunikasi dengan prinsip kerja yang tradisional, ternyata interkom masih menjadi salah satu alat favorit untuk komunikasi, terutama di lingkungan kantor.

Apakah kantor Anda sudah menggunakan interkom? Atau mungkin menggunakan alat komunikasi lainnya?

Sharing di kolom komentar yuk. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.