Pengertian Faximile dan Cara Kerja Faximile yang Wajib Anda Tahu

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Pengertian Faximile

[/vc_column_text][vc_column_text]Faximile atau yang bisa disebut juga dengan Faksimili adalah sebuah mesin faks yang berfungsi untuk mengirimkan dokumen dengan memanfaatkan perangkat yang dapat beroperasi pada jaringan telepon. Bisa dikatakan Faximile juga termasuk gabungan antara beberapa printer, scanner, serta telepon. Secara umum fungsi dari faximile adalah mengirim dan menerima pesan berbentuk gambar.

Ketika mengirim atau menerima gambar/dokumen, faximile menggunakan sebuah mesin yang dihubungkan melalui kabel maupun gelombang radio. Faximile sudah digunakan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Karena metodenya yang terbilang mudah serta waktu pengirimannya lumayan cepat. Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon tujuan, selanjutnya tinggal menentukan dokumen mana yang ingin dikirim.

Yang perlu diperhatikan adalah kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen. Kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen harus berupa kertas khusus yang disebut kertas thermal.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Sejarah Faximile

[/vc_column_text][vc_column_text]Faximile pertama kali diperkenalkan oleh seorang pembuat jam yang berasal dari Skotlandia bernama Alexander Bain pada tahun 1843. Akan tetapi penemuannya tersebut hanya mampu digunakan untuk mengirim dokumen dengan jarak yang dekat. Selanjutnya di tahun 1902, seorang ahli fisika bernama Arthur Korn mengembangkan sebuah sistem untuk bisa mengirimkan foto dengan memanfaatkan sel-sel foto elektrik selen.

Di awal kemunculan faximile, alat ini memiliki ukuran sangat besar bahkan seperti kulkas. Namun seiring berjalannya waktu, ukuran faximile semakin diperkecil dan membuatnya lebih praktis sehingga tidak membutuhkan banyak tempat.[/vc_column_text][vc_column_text]

Cara Kerja Faximile

[/vc_column_text][vc_column_text]Cara kerja dari alat faximile dibedakan menjadi dua, faximile pengirim dan penerima. Untuk faximile pengirim, dokumen atau gambar asli dimasukkan ke tabung silinder. Tabung tersebut memiliki perputaran antara 90 sampai dengan 360 putaran setiap menitnya. Kemudia akan ada sorotan cahaya yang ditembakkan pada dokumen atau gambar yang ada di dalam tabung tersebut. Berkas cahaya tersebut selanjutnya akan menyusuri titik demi titik dan garis demi garis yang selanjutnya akan memantulkannya melalui sebuah lensa ke sel fotolistrik. Sel fotolistrik itu berperan dalam mengubah pantulan cahaya yang intensitasnya berubah-ubah menjadi arus listrik yang juga berubah-ubah.

Sedangkan untuk faximile penerima, arus listrik yang berasal dari kabel maupun isyarat radio akan berubah menjadi berkas cahaya yang ditembakkan pada tabung silinder yang memiliki kecepatan putarnya sama dengan tabung yang terdapat pada faximile pengirim.[/vc_column_text][vc_column_text]Demikian artikel singkat tentang pengertian faximile, sejarah serta cara kerja faximile. Apakah diantara kalian masih ada yang menggunakan alat faximile?

Semoga bermanfaat.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Reply

Your email address will not be published.