Mengetahui Sistem Kerja dari PABX

Mengetahui Sistem Kerja dari PABX


Pengertian PABX

PABX adalah singkatan dari Private Automatic Branch eXchange. Namun secara sederhana PABX merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk dapat berhubungan atau komunikasi secara langsung tanpa melalui operator. Oleh karena itu PABX adalah sebuah sistem yang menghubungkan telepon yang dalam pengoperasiannya tidak memerlukan operator. Dengan adanya PABX, penelepon dapat melakukan panggilan telepon langsung ke nomor yang di tuju dengan cara menekan nomor khusus.

Fungsi

Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yaitu :

  • Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antaraĀ teleponĀ pengguna denganĀ telepon yang di tuju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringanĀ teleponĀ tidak sibuk)
  • Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakanĀ teleponĀ (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
  • Mematikan koneksi atau hubungan jaringanĀ teleponĀ sesuai dengan perintah penggunaĀ telepon
  • Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atauĀ metering call)

Sistem Kerja PABX

Sistem PABX memiliki beberapa sambungan kabel yang tertuju pada sebuah switchboard sebagai pengendali station. Alat tersebut sangat canggih, karena dapat di manfaatkan sebagai modem, mesin fax dan juga telepon. Selain itu, PABX juga dapatĀ  di jadikan sebagai alat komunikasi internal karyawan di sebuah kantor.

Secara umum sistem kerja PABX yaitu setiap ada telepon baru yang masuk, maka akan di arahkan melalui control station. Hal tersebut di karenakan pada sistem PABX sudah di masukkan kode extention tertentu. Selanjutnya, telepon yang masuk akan di arahkan pada nomor tujuan yang tepat dengan menggunakan koda extension tersebut. Namun tidak hanya itu, teknologi ini juga dapat di program agar dapat muncul di greeting otomatis, setiap ada telepon masuk.

Untuk tujuan fungsi fax, Anda bisa memprogram sambungan lewat control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau ke banyak nomor tujuan fax. PABX modern juga dapat di program untuk melacak setiap telepon yang masuk maupun keluar. Pengaturan PABX murah dan berkualitas juga dapat di lakukan supaya Anda bisa mengetahui siapa saja yang di perbolehkan melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu, dan penggunaan karyawan yang tidak semestinya.

Baca Juga : Cara Kerja dan Manfaat Menggunakan CCTV

Mengetahui Sistem Kerja dari PABX

Hubungi Kami

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.