Mengetahui Permasalahan CCTV

Home / CCTV / Mengetahui Permasalahan CCTV

Permasalahan Yang Sering Dialami CCTV

Kamera CCTV Rusak

Penyebab CCTV rusak hal yang utama datang yaitu dari kamera CCTV. Kamera CCTV merupakan perangkat CCTV yang paling dekat dengan area yang perlu di awasi. Selain itu, kamera juga menjadi alat yang paling dekat dengan berbagai macam gangguan internal maupun eksternal.

Penyebab kamera CCTV rusak juga bermacam-macam salah satunya yaitu gangguan tegangan arus listrik yang menyebabkan kamera rusak, terkena air hujan dan terik matahari juga dapat menyebabkan kerusakan CCTV. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menambahkan pelindung berbahan fiber di sekitar kamera agar bebas dari terik matahari dan air hujan secara langsung. Selain itu, periksa apakah terjadi gangguan pada power supply atau power source dari kamera CCTV.

Kamera yang rusak dapat berakibat pada tidak berjalannya fungsi pengawasan karena tidak ada gambar yang dapat terekam oleh DVR dan tidak ada gambar yang tampil di layar monitor.

DVR Rusak

Alat ini tidak kalah penting dari kamera, dimana DVR berfungsi untuk mengolah dan menyimpan rekaman gambar dari kamera CCTV yang kemudian di teruskan ke layar monitor. Sama dengan kamera, apabila DVR tidak berfungsi dengan semestinya, maka kinerja CCTV dapat terhambat sepenuhnya.

DVR yang rusak dapat karena adanya korsleting atau hangusnya salah satu bagian pada motherboard DVR, adaptor yang rusak hingga tegangan arus listrik yang tidak stabil. Namun sebelum membawa ke tempat servis, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah perangkat pendukung DVR sudah berfungsi dengan baik atau tidak.

Kabel CCTV Rusak

Fungsi kabel dari CCTV beragam, bergantung jenis dan peruntukannya. Misalnya, kabel power yang menjadi penghantar listrik dari power supply menuju beberapa perangkat CCTV. Atau kabel coaxial sebagai penghantar antara DVR dengan kamera atau DVR dengan layar monitor. Kabel mengalami kerusakan dapat karena banyak hal. Mulai kabel yang terbakar, habis di makan rayap atau pengerat, hingga kabel yang memang kualitasnya tidak baik dan tidak dapat di gunakan dengan maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, harap periksa spesifikasi dan kualitas kabel terlebih dulu sebelum membeli.

Baca Juga : Mengatasi Mesin Fingerprint

Leave a Reply

Your email address will not be published.