Mengetahui Fire Smoke Detector

Home / Fire Alarm / Mengetahui Fire Smoke Detector

Cara Kerja Fire Smoke Detector

Fire smoke detector termasuk salah satu sistem pendeteksi kebakaran. Dalam sebuah perangkat smoke detector, terdapat berbagai komponen yang bekerja sebagai satu kesatuan. Secara umum, perangkat yang terdapat dalam smoke detector yaitu perangkat protektor, panel pengendali dan juga pemacu daya dan perangkat notifikasi. Saat sebuah asap terbentuk di ruangan dan menyentuh smoke detector, alat tersebut akan mulai bekerja. Dan saat kepadatan asap mencapai ambang batas yang sudah di tetapkan, maka smoke detector akan langsung bekerja. Prinsip tersebut juga berjalan pada fire detector.

Lokasi Pasang Smoke Detector

Smoke detector merupakan perangkat yang di gunakan sebagai antisipasi apabila terjadi kebakaran. Oleh karena itu, pemasangannya juga harus di perkirakan sesuai dengan kebutuhan. Namun memasang smoke detector secara asal dapat mengurangi efektivitas dari fungsi alat ini.

Tips Pasang Smoke Detector

1. Jangan Pasang di Sudut Rumah

Memasang detektor asap di sudut yang jauh dari rumah dapat menyebabkan alat tersebut tidak dapat bekerja secara efektif. Namun dengan meletakkan alat ini di sudut yang jauh, di khawatirkan detektor tersebut tidak dapat mendeteksi asap yang terdapat di sudut lain rumah.

2. Tempatkan di Setiap Lantai dan Area Strategis

Detektor asap dan api akan memberikan efektivitas maksimal apabila Anda menempatkannya di tempat yang tepat. Sebaiknya, Anda meletakkan detektor di area-area strategis rumah atau gedung. Apabila rumah Anda bertingkat, akan lebih baik untuk memasang detektor asap di setiap lantai. Namun jangan lupa untuk memasang smoke detector di area tangga. Sehingga, apabila asap mulai menjalar ke area tangga, Anda dapat segera mengetahuinya. Cara tersebut juga membantu meminimalisir kerugian akibat asap dan api.

3. Pasang di Dekat Area Tidur

Salah satu tempat penting untuk memasang fire smoke detector yaitu di dekat area tidur. Misalnya di bagian luar ruang tidur. Namun apabila perlu, pasang juga di setiap ruang tidur anggota keluarga. Dengan memasang smoke detector di area tidur, Anda dapat menghindarkan anggota keluarga dari kecelakaan fatal.

Selain itu, area tidur juga cenderung memiliki banyak barang mudah terbakar. Seperti kasur, pakaian, lemari, perkakas kayu, karpet lantai, dan lain sebagainya. Penempatan smoke detector di area tidur di harapkan dapat meminimalisir penyebaran api agar tidak meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.