Ketahui Kelemahan CCTV WiFi Sebelum Anda Membelinya

Home / CCTV / Ketahui Kelemahan CCTV WiFi Sebelum Anda Membelinya

Ketahui Kelemahan CCTV WiFi Sebelum Anda Membelinya

CCTV adalah sebuah perangkat kamera yang digunakan agar dapat memantau keadaan di lokasi yang berbeda. CCTV disebut sebagai standar protokol keamanan dibeberapa tempat, khususnya di tempat umum atau publik. Mulai dari tempat sekolahan, universitas, kantor, mall supermarket, tempat parkir, pusat pembelanjaan, sekitaran lampu lalu lintas, sampai dirumah pribadi pun banyak orang yang memasang kamera CCTV sebagai alat keamanan untuk menghindari tindakan kejahatan.

Ada dua jenis CCTV, yaitu CCTV yang konvensional (menggunakan kabel) dan CCTV Wifi (tidak menggunakan kabel). Untuk saat ini, banyak orang yang menggunakan CCTV Wifi karena dianggap lebih mudah dan praktis, meskipun memiliki kelebihan, CCTV Wifi juga memiliki beberapa kelemahan.

Pada pembahasan kali ini, akan dibahas tentang kelemahan kamera CCTV Wifi. Tetapi, sebelum masuk dalam pembahasan ini, sebaiknya kalian mengetahui pengertian dari CCTV Wifi terlebih dahulu.

Pengertian CCTV WiFi

CCTV Wifi adalah kamera CCTV yang tidak menggunakan kabel (nirkabel). Mengirim gambar dan juga videonya menggunakan jaringan internet (wifi). Sehingga CCTV ini bisa dikatakan sebagai CCTV Wifi.

Banyak orang yang menggunakan CCTV Wifi biasanya untuk penggunaan secara pribadi, misalnya di rumah pribadi yang memiliki ruang keluarga, toilet, sampai tempat parkir motor dan mobil yang berada di dalam rumah. Sehingga CCTV Wifi tidak cocok digunakan di area publik manapun, karena sangat mudah diambil oleh orang lain.

CCTV Wifi juga berfungsi untuk memudahkan dalam memantau, jadi tidak hanya dengan menggunakan monitor yang dihubungkan ke DVR saja, tetapi juga bisa memantau melalaui smartphone, komputer, laptop, sekaligus televisi.

Kelemahan CCTV WiFi

1. Konfigurasinya lebih sulit

Konfigurasi cctv dengan jenis ini bisa dikatakan sulit dibanding dengan CCTV yang konvensional. Konfigurasinya, sangat membutuhkan pengetahuan tentang LAN (Local Area Netwrodk) yang sudah pengalaman. Jadi tidak sembarang orang dapat melakukan konfigurasi dan kadang membutuhkan ahli teknisi.

2. Kualitas Gambarnya Rendah

Gambar yang dihasilkan biasanya tergolong rendah dibandingkan dengan kamera cctv kabel, walaupun ada yang bagus tetapi harganya bisa dibilang lebih mahal. Semua itu tergantung dari speasifikasi dan harga cctv yang telah dibeli. Jika semakin mahal cctv, biasanya kualitas dan speasifikasinya gambarnya pun dapat melampuai cctv analog.

3. Harga dari CCTV WiFi

Harga cctv cenderung terbilang lebih mahal. Walaupun, ada yang murah tapi kualitas gambar nya rendah, apalagi jika ditambah fitur seperti sensor CMOS atau inframerah, pasti harganya sangat mahal lagi. Terkadang hal tersebut yang membuat seseorang tidak mau untuk membeli CCTV Wifi.

Kelebihan CCTV WiFi

Meskipun CCTV wifi mempunyai kelemahan, namun CCTV ini juga mempunyai kelebihan yaitu, CCTV wifi bisa diakses secara online. Jadi kalian tidak perlu menggunakan monitor atau DVR. Dan jika kalian merekam live streaming dengan CCTV wifi, kalian bisa melihat melalui laptop dari jarak jauh atau menggunakan smartphone.
Di beberapa CCTV Wifi juga mempunyai notifikasi melalui email, telepon, SMS atau chat Whatsapp ketika CCTV menangkap atau mendeteksi hal yang mencurigakan. Hal inilah yang membuat CCTV wifi harganya lebih mahal dibandingkan CCTV konvensional.

Di karenakan Wifi (tanpa kabel) maka peletakan CCTV ini bisa ditaruh di mana saja, seperti tempat yang tersembunyi atau di sudut rumah yang tidak perlu menggunakan kabel.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai kelemahan dari CCTV wifi, semoga dari informasi ini Anda bisa menambah wawasan, terutama untuk yang ingin membeli CCTV wifi.
Di masa sekarang, kamera CCTV wifi sudah banyak diminati, apalagi pemasangannya juga bisa memanggil ahli teknisi, jadi mudah untuk dipasangkan. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mengetahui kegunaan sekaligus kelebihan dan kelemahannya, jadi pada saat Anda ingin membelinya, Anda tidak perlu pikir panjang lagi. Karena sudah mengetahui kelebihan sekaligus kelemahan dari cctv wifi ini.

Jika Anda masih ragu, Anda bisa menghubungi tim spesialis gelora perkasa untuk berdiskusi terkait CCTV dan alat komunikasi lainnya. Segera hubungi Gelora Perkasa.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.