Jangan Abaikan Keamanan Wifi dengan Mengetahui Faktanya

Home / Infrastruktur Jaringan / Jangan Abaikan Keamanan Wifi dengan Mengetahui Faktanya

Jangan Abaikan Keamanan Wifi dengan Mengetahui Faktanya

Mungkin akan terdengar sepele menurut Anda mengenai sistem keamanan wifi, mengingat sekarang penggunaan wifi sudah menjadi hal yang sangat biasa dan ada dimana-mana. Namun, tentunya masih ada sebagian orang yang ingin mengamankan penggunaan wifinya dari orang-orang yang tidak dikenalnya. 

Jenis-jenis Keamanan Wifi

Ada beberapa jenis keamanan wifi yang mungkin Anda perlu tahu, untuk memenuhi keinginan Anda mengamankan penggunaan wifi sendiri agar tidak jebol. Jenis-jenis tersebut antara lain:

1. WPA atau Wifi Protected Access 

WPA merupakan teknologi keamanan jaringan dengan membuat kunci dari starting point sehingga menjadi dinamis. Cara ini adalah termasuk pengembangan selanjutnya untuk teknologi wifi setelah sejarah awalnya belum terlalu berhasil dan berpengaruh. Mengapa dikatakan dinamis, karena kunci yang dibuat ini akan terus berubah-ubah sesuai perkembangan waktu. Dengan begitu, pengguna yang masuk diam-diam tidak akan bisa mengunci jaringan Anda sendiri.

Baca juga: Ketahui Kelemahan CCTV WiFi Sebelum Anda Membelinya

2. WPA 2 

Selain WPA ternyata masih ada jenis berikutnya dari WPA yaitu WPA 2, dimana untuk jenis yang kali ini emang benar-benar ditujukan kepada Anda yang memang sebagai pengguna di rumah sendiri. Ini merupakan jenis terbaru dan tertinggi dari yang lainnya, karena tidak terdapat celah kelemahan yang terdapat di dalamnya. 

WPA 2 ini memang diberi kebebasan sendiri untuk mengatur sendiri sistem keamanannya sendiri, seperti pengaturan password, besaran sinyal, dan batasan akun yang bisa menggunakan. Tapi sayang justru kelemahannya ada pada kesalahan dari pengaturan sendiri tersebut.

3. WEP (Wipe Equivalent Privacy)

Sebenarnya justru jenis WEP ini merupakan jenis jaringan wifi pertama yang memang ada dalam sejarah keamanan wifi. Dimana tipe ini bekerja dengan menggunakan kunci atau password yang dimasukkan pada sebuah perangkat access point atau router. Namun, sayangnya masih sangat lemah karena masih permulaan atau percobaan pertama dalam sejarah wifi yang pernah ada.

Cara Menjaga Sistem Keamanan Wifi

Jika ingin keamanan wifi Anda terjaga dari peretasan, maka lakukan beberapa cara berikut ini yang bisa dijadikan antisipasi paling efektif. Cara yang paling jitu adalah sebagai berikut:

1. Ganti Nama dan Kata Kuncinya

Meskipun Anda sudah memiliki nama wifi beserta passwordnya, pastikan Anda mengganti keduanya atau salah satunya. Artinya, ganti hal tersebut secara periodik misalkan 2 minggu sekali untuk menghindari atau mengakali terjadinya peretasan. Jangan lupa buat nama yang unik dan tak terbayangkan oleh siapapun hanya Anda seorang.

2. Aktifkan Enkripsi Jaringan

Perlu diperhatikan bahwa Anda memang harus mengaktifkan enkripsi jaringan untuk meningkatkan keamanan wifi pastinya. Untuk sekarang ini, memang enkripsi WPA 2 yang menjadi standar normal. Karena, sistem ini memang terkenal kompatibel dengan semua jenis sistem jaringan yang ada. Bahkan, enkripsi ini juga ada di ponsel saat mengaktifkan hotspot.

3. Matikan Wifi Saat Tidak Digunakan

Satu yang sangat pasti adalah matikan wifi jika memang tidak ada kepentingan terkait, kecuali jika wifi tersebut dipasang di tempat umum seperti resto atau kafe Anda bahkan warung sendiri. 

4. Perbarui Software Router

Setelah itu, ada juga cara lain yaitu perbarui juga software untuk router yang dipakai secara rutin dan berkala. Fungsinya adalah karena router juga dikatakan menjadi sebuah kelemahan yang membuat sangat mudah diretas. Apabila router selalu diperbarui, sama dengan password akan menjadi tidak terdeteksi untuk di retas.

Baca juga: Mengenal Pengertian Network Infrastructure dan Jenis-jenisnya

5. Gunakan Firewall

Firewall juga bisa dijadikan alat untuk mengamankan jaringan wifi. Pastinya firewall tersebut diperuntukkan bagi router Anda, yaitu memberikan satu lapisan keamanan tambahan pada router tersebut.

6. Gunakan Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

Karena ini pada awalnya ditujukan untuk penggunaan wifi di rumah, maka apabila ingin memperluas koneksi hingga ke kantor atau sumber daya lain maka disarankan untuk menggunakan koneksi jaringan pribadi virtual.Itulah beberapa fakta yang dapat mendukung keamanan wifi yang Anda gunakan. Oleh karena itu, manfaatkan informasi tersebut dan ikuti semua arahannya dengan baik. Maka langkah-langkah di atas berikut pilihan yang diambil untuk jaringan wifi sudah menjadi langkah tepat masing-masing orang di setiap bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.