Fungsi Fire Alarm Pada Bangunan

Home / Fire Alarm / Fungsi Fire Alarm Pada Bangunan

Fire Alarm

Fire alarm di kenal dengan sebutan alarm pemadam kebakaran karena merupakan sebuah alat untuk memberi tanda bahaya. Alat tersebut erat kaitannya dengan api atau kebakaran. Dengan sistem yang tepat, alat tersebut dapat memberi tanda saat terjadi kebakaran.

Jenis Fungsi Fire Alarm Dari Segi Teknologi

Sistem alarm kebakaran di rancang dalam bentuk komponen yang saling terintegrasi. Sehingga sistem tersebut dapat mendeteksi gejala kebakaran yang akan muncul. Kemudian sistem ini akan memberi tanda peringatan berupa suara sirine atau dering. Yang selanjutnya, alat pengindra api ini di tindaklanjuti dengan melakukan evakuasi.

Konvensional

Sistem yang di gunakan oleh fire alarm konvensional ini sesuai untuk bangunan kecil. Bentuk alat ini cukup minimalis, sehingga mudah di lakukan pemasangan. Alat yang berukuran kecil ini dapat memberi sinyal kebakaran pada satu lantai atau zona. Oleh karena itu, pemasangan alat ini harus per lantai. Untuk harga alarm ini sangat murah di bandingkan dengan jenis yang lain.

Intelligent

Alarm intelligent tentunya lebih canggih di bandingkan konvensional. Terlebih lagi, alarm ini lebih di tujukan pada gedung-gedung besar. Untuk jangkauan alat ini dapat lebih luas dan akurat. Dengan memanfaatkan perubahan suhu atau thermal secara elektronik, hasil yang di peroleh akan lebih tepat. Sehingga penyesuaian dengan kondisi aktual dapat segera di ketahui. Dalam hal ini terdapat dua tipe alarm intelligent, yaitu:

Full Addressable

Sistem fire alarm tipe full addressable sesuai di terapkan pada gedung besar. Fungsi dari fire alarm ini yaitu untuk memberitahukan potensi kebakaran dengan tepat. Namun tidak hanya tanda, alarm tipe ini juga dapat memperlihatkan titik lokasi tempat kebakaran terjadi. Sehingga kebakaran dapat di tangani segera.

Semi Addressable

Di bandingkan dengan tipe full addressable, alarm semi adderessable harganya lebih terjangkau. Alat tersebut cocok di gunakan pada tempat yang memiliki ruangan besar dan kompleks. Contoh bangunan yang menggunakan alarm semi ini yaitu apartemen. Apabila di lihat dari kecanggihan, alarm ini juga dapat memberikan tanda kebakaran di suatu tempat. Hanya saja di perlukan pengawasan khusus agar dapat mengontrol alat ini. Dengan begitu, semi addressable fire alarm dapat memberikan lokasi kebakaran yang akurat.

Baca Juga : Permasalahan Umum CCTV

Leave a Reply

Your email address will not be published.