Cara Merawat DVR CCTV agar Tidak Cepat Rusak

Home / CCTV / Cara Merawat DVR CCTV agar Tidak Cepat Rusak

Bukan hanya bagian pada komponen CCTVnya saja yang harus dirawat dengan baik, tetapi bagian lainnya seperti DVR juga harus dirawat dengan baik. Berikut ini beberapa cara dalam merawat DVR CCTV dengan tepat:

Tips Merawat DVR CCTV Agar Tidak Cepat Rusak

1. Tempatkan DVR CCTV di Tempat yang Tepat

Anda harus menempatkan DVR di sebuah ruangan yang luas dan memiliki ventilasi yang baik. Sebaiknya DVR CCTV juga ditempatkan di dalam ruangan yang berAC. 

Jika area penempatan DVRnya ada di luar ruangan, maka Anda harus rajin membersihkan bagian perangkatnya agar bisa berfungsi dengan lebih baik lagi.

2. Memasang Perangkat Tambahan pada DVR CCTV

Supaya tidak kehilangan daya listrik dengan cara yang tiba-tiba yang biasanya disebabkan oleh listrik padam, maka sebaiknya Anda memasang perangkat tambahan yaitu Uninterruptible Power Supply (UPS).

Hal itu akan memungkinkan DVR dapat dimatikan dengan cara manual. Cek kembali bagaimana kondisi baterai di bagian UPSnya secara berkala, kemudian tambahkan stabilizer. Tujuannya adalah untuk membuat tegangan pada arus listrik yang diasup oleh DVR menjadi lebih stabil.

3. Mengecek Bagian dalam DVR CCTV

Periksa juga bagian dalam DVR CCTV setidaknya dua kali dalam satu tahun. Bersihkan juga bagian mainboardnya dari kotoran dan debu. Anda bisa menggunakan kompresor udara untuk membersihkan bagian tersebut.

Anda juga harus memeriksa bagian konektor kamera yang terpasang di DVR tersebut, dan apakah telah terpasang dengan benar atau belum.

4. Update Selalu Firmware Terbaru

Cara mengupdate firmware bisa dengan mengunjungi website dari vendor CCTV yang Anda beli. Firmware yang telah update paling baru akan membantu kinerja dari DVR CCTV tersebut. Pastikan juga bahwa firmware itu memang cocok dengan DVR yang Anda miliki.

Jika Anda membeli CCTV di tempat Kami, maka untuk update firmware ini adalah dengan mengunjungi website geloraperkasa.com.

5. Mengoptimalkan Konfigurasi Video CCTV

Periksa kembali bagian konfigurasi video, kualitas gambar, resolusi gambar hingga kerapatan gambarnya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda dalam membuat hasil rekaman menjadi lebih maksimal.

6. Mengecek Jangka Waktu Hasil Rekaman CCTV

Periksa kembali bagaimana jangka waktu hasil rekaman yang disimpan di bagian fitur overwrite yang aktif. Tujuannya adalah untuk menghindari data rekaman yang hilang apabila jangka waktunya terjadi pada sebuah kejadian.

Buat cadangan dari hasil rekaman yang menurut Anda penting.

7. Mengecek Pengaturan Keamanan dari DVR CCTV

Pastikan kembali alamat IP DVR tak diketahui oleh banyak orang, apabila DVR yang Anda gunakan tersambung ke internet. Sebaiknya gunakan password pada DVR CCTV dan pastikan juga bahwa hanya ada sedikit orang yang bertanggung jawab, pada pengoprasian DVR tersebut.

Tujuannya adalah untuk menghindari hal yang tak diinginkan, dan untuk menghindari orang-orang yang ingin menghack rekaman dari CCTV Anda.

Semoga tips merawat DVR CCTV kali ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda punya kebiasaan lain dalam hal merawat DVR CCTV silahkan komen dikolom komentar ya.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.