Mengetahui Komponen CCTV

Home / CCTV / Mengetahui Komponen CCTV

Komponen CCTV

Kamera CCTV

Dalam kamera CCTV ini memiliki fungsi untuk merekam dan mengambil gambar di sudut atau wilayah yang telah Anda tentukan. Namun berdasarkan letaknya terdapat dua jenis kamera CCTV yang berbeda yaitu CCTV indoor dan CCTV outdoor.

Kamera CCTV ini memiliki beberapa fitur pendukung untuk merekam gambar dengan jernih selama 24 jam penuh. Seperti night vision yang membuat kamera dapat merekam gambar dengan pencahayaan terbatas atau saat malam hari, infrared dengan frekuensi tertentu yang tidak dapat pengguna lihat dengan mata telanjang manusia, dan lain sebagainya.

Digital Video Recorder (DVR)

Dalam kamera CCTV, DVR merupakan perangkat pembantu pertama. Alat dengan berbentuk balok pipih tersebut memiliki fungsi sebagai pengolah informasi yang di terima dari kamera CCTV, yang kemudian di simpan dalam penyimpan tertentu. DVR tersebut menjadi pusat pengolahan data dari keseluruhan perangkat CCTV.

Informasi yang telah di olah di DVR dari kamera CCTV kemudian akan di teruskan ke monitor CCTV, baik dalam bentuk digital maupun analog. Dengan fungsinya yang sangat penting tersebut, ada baiknya Anda menyimpan DVR di ruangan terbatas yang hanya dapat di akses oleh orang tertentu dan jauh dari jangkauan umum.

Kabel CCTV

Untuk kabel CCTV bertugas menghubungkan satu perangkat dengan yang lainnya. Dalam hal ini terdapat dua jenis kabel khusus yang di gunakan dalam keseluruhan sistem kerja CCTV, yaitu kabel coaxial dan kabel power. Kabel-kabel tersebut nantinya menyalurkan supply daya listrik ke seluruh bagian perangkat CCTV.

Kabel coaxial memiliki fungsi sebagai kabel perantara antara kamera CCTV ke DVR dan menyalurkan sinyal video yang di rekam kamera dan kemudian di olah oleh DVR. Sedangkan kabel power berfungsi untuk memberi daya listrik secara terpusat yang kemudian di salurkan ke kamera CCTV.

Power Supply

Power supply bertujuan untuk menyediakan dan mengalirkan tegangan listrik ke kamera agar keseluruhan perangkat CCTV dapat bekerja dengan efisien sesuai dengan fungsinya.

Monitor CCTV

Monitor bertujuan sebagai penampil hasil rekaman atau hasil pemantauan kamera CCTV secara real-time. Dalam monitor ini, nantinya akan menampilkan hasil gambar dengan kualitas sesuai yang kamera miliki. Misalnya 1080p atau TVL 600.

Baca Juga : Kegunaan PABX di Kantor 

Leave a Reply

Your email address will not be published.