Mengetahui Jenis Instalasi PABX

Mengetahui Jenis Instalasi PABX


Private automatic branch exchange (PABX) merupakan perangkat yang di gunakan untuk menyambung komunikasi. Tujuannya yaitu untuk menyambungkan antara setiap line dengan line telepon lainnya. Biasanya di gunakan pada gedung yang memang membutuhkan banyak line telepon.

Namun mesin pabx ini sering juga di sebut dengan intercom atau interphone, yang menghubungkan beberapa jaringan sekaligus. Misalnya mulai jaringan telekomunikasi publik, jaringan internal, dan juga jaringan di dalam perusahaan. Hal tersebut yang nantinya memunculkan nomor extensi, sehingga pelanggan hanya cukup menelpon ke satu nomor saja. Dengan melalui nomor tersebut nantinya di sambungkan ke layanan lain.

Jenis Instalasi Pabx

Dalam mesin pabx ini memiliki beberapa jenis yang berbeda. Hal tersebut berkaitan juga dengan tujuan penggunaan, fungsi utama, dan dimana mesin tersebut akan di letakan. Oleh karena itu pelanggan juga tidak dapat memilihnya secara sembarangan, harus mengetahui apa yang di inginkan dari mesin tersebut. Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis yang di miliki.

1. PABX Digital

Untuk mesin ini nantinya akan mengeluarkan digital output data sesuai dengan namanya. Pada jenis ini kabel yang di gunakan yaitu kabel telepon 4 kawat. Namun ada beberapa fitur yang sangat memudahkan penggunanya apabila di gunakan pada jenis ini.  Beberapa fitur tersebut di antaranya yaitu telepon khusus dengan jaringan pribadi, conference call, dan fitur menarik lainnya.

2. Analog PABX

Dalam hal ini menggunakan sinyal analog pada output ataupun extensionnya. Berbeda dengan yang sebelumnya, karena di jenis ini tidak ada telpon khusus. Namun hal tersebut justru menjadi kelebihannya, sebab itu artinya pengusaha tidak perlu menyediakan telepon khusus. Dengan begitu tidak terlalu banyak jaringan juga yang akan di gunakan sehingga lebih efektif.

3. IP PABX

Hadirnya pabx jenis ini merupakan sebuah inovasi untuk memenuhi semua kebutuhan data yang di butuhkan oleh pelanggan. Untuk jaringan yang di gunakan pada pabx ini yaitu jaringan data IP (internet protocol). Yang nantinya percakapan tersebut akan di kirimkan dalam bentuk paket data. Selain itu jenis IP ini memiliki keunggulan yaitu dapat di jalankan dengan menggunakan sistem analog maupun digital.

4. Hybrid PABX

Hybrid pabx yang juga merupakan gabungan antara digital dan analog. Jenis yang satu ini memiliki 4 kabel pada setiap outputnya. Karena merupakan hasil gabungan, tentunya mesin ini menjadi semakin baik dan mampu memenuhi semua kebutuhan konsumennya. Apalagi fitur yang di tawarkannya juga sangat mudah untuk di gunakan, sehingga akan sangat membantu.

Baca Juga :Tips Instalasi Fire Alarm 

Mengetahui Jenis Instalasi PABX

Hubungi Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published.