Cara Kerja CCTV

Home / CCTV / Cara Kerja CCTV

CCTV atau Closed-Circuit Television adalah sebuah sistem keamanan yang mampu merekam kejadian di area yang diawasi. Jika dilihat sekilas, cara CCTV bekerja tampak sederhana. Kamera akan menangkap gambar untuk kemudian diteruskan ke monitor dimana Anda bisa melihat gambar secara langsung. Namun, cara kerja CCTV modern bekerja bergantung tipe kamera yang digunakan.

Pada umumnya, terdapat 2 tipe kamera CCTV yang sering digunakan saat ini. Tipe kamera analog dan kamera berbasis IP.

Perbedaan mendasar antara kedua sistem kamera CCTV tersebut adalah teknologi yang digunakan. Sistem analog merupakan sistem klasik yang masih membutuhkan kabel dan ruang kontrol di tempat. Sedangkan sistem IP merupakan sistem modern dengan kualitas gambar yang lebih baik dan terkoneksi dengan internet. Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa CCTV hanya bisa dipantau melalui laptop atau komputer. Dengan teknologi yang ada sekarang, gambar atau video dari CCTV bisa dilihat melalui HP Android.

Salah satu caranya adalah dengan menginstall sejenis aplikasi dari HP Android atau Anda langsung bisa menggunakan sebuah alat bernama CCTV GSM 3G. Aplikasi ini bisa langsung Anda gunakan tanpa harus menginstall aplikasi.

Cara Kerja Kamera CCTV Analog

Meskipun tipe kamera analog dikategorikan sebagai kamera “klasik” dan sudah ada sejak awal mula CCTV, sistem ini masih banyak digunakan, baik untuk keperluan publik maupun privat.

Sistem kerja kamera CCTV analog ini melibatkan beberapa kamera yang dihubungkan ke monitor dan alat rekam dengan menggunakan kabel. Hasil perekaman akan disimpan di video recorder yang dipasang di tempat.

Biasanya, disediakan ruang kontrol yang berisi monitor pengawas sekaligus video recorder.

Kekurangan utama sistem ini terletak pada keterbatasan perekaman dan kualitas gambar yang tidak begitu baik jika ditinjau dari kualitas gambar di era modern.

Cara Kerja IP Kamera CCTV

CCTV dengan sistem kamera IP merupakan sistem CCTV modern dengan memanfaatkan teknologi terkini. Selain mudah, sistem ini juga mampu menampilkan gambar yang lebih berkualitas dengan fungsi pengawasan yang lebih optimal.

IP sendiri merupakan kependekan dari Internet Protocol. Sistem kerja CCTV berkamera IP memiliki prinsip yang sama dengan cara kerja sistem analog. Gambar yang direkam kamera akan diteruskan ke monitor pengawas dan ke server yang berlokasi di tempat atau di luar area kontrol.

Pengiriman gambar tersebut dapat dilakukan menggunakan kabel atau melalui jaringan internet. Data yang dikirim ke server biasanya berukuran besar. Itulah salah satu masalah yang biasanya muncul pada CCTV dengan sistem kamera IP. Memahami cara kerja CCTV dari masing-masing sistem kamera bisa jadi bahan pertimbangan ketika Anda ingin membeli kamera CCTV.

Gelora perkasa menyediakan 2 tipe kamera CCTV tersebut dari berbagai merek. Selain perbedaan merek, kamera CCTV yang kami tawarkan memiliki fitur beragam yang akan memenuhi keperluan Anda.

Pemasangan CCTV, baik sistem analog maupun sistem IP akan dilakukan oleh teknisi yang profesional dan ahli di bidangnya. Segera hubungi Gelora perkasa dan dapatkan harga yang menarik dan terjangkau dalam pemasangan kamera CCTV.

Leave a Reply

Your email address will not be published.